Rabu, 25 Februari 2015

Biografi Singkat : William Shakespeare

Biografi 
William Shakespeare

Dipersembahkan untuk agan-agan yang mungkin ingin tahu sekilas tentang Shakespears atau punya tugas Bahasa Indonesia tentang membuat Biografi atau Riwayat hidup. yuk simak.. 

Biodata

Nama lengkap      :         William Shakespeare
Nama awal           :         William
Nama Keluarga    :         Shakespeare
Tanggal Lahir       :         1.564
Tanggal Baptisan :         April 26, 1564
Tempat lahir                  :         Stratford-upon-Avon, Inggris
Meninggal             :         April 23, 1616 (pada usia 52)
Kebangsaan                    :         Inggris
Istri                       :         Anne Hathaway
Ibu                        :         Mary Arden-Shakespeare
Ayah                     :         John Shakespeare
Jumlah Saudara   :         8
Saudara                :
·       
      joan Shakespeare
·         margaret Shakespeare
·        gilbert Shakespeare
·        joan Shakespeare
·        anne Shakespeare
·        richard Shakespeare
·        Edmund Shakespeare

Jumlah anak         :         3
Anak-anak            :
·        Sussana Shakespeare
·        Hamnet Shakespeare
·        Judith Shakespeare
Sponsor utama     :
·        Earl of Southampton
·        Lord Chamberlain
·        Raja James I
Karya:
·        Tragedi
·         Romeo and Juliet
·         Macbeth
·         King Lear
·         Hamlet
·         Othello
·         Titus Andronicus
·         Julius Caesar
·         Antony and Cleopatra
·         Coriolanus
·         Troilus and Cressida
·         Timon of Athens
·         komedi
·         The Comedy of Errors
·         All's Well That Ends Well
·         As You Like It
·         A Midsummer Night's Dream
·         Much Ado About Nothing
·         Measure for Measure
·         The Tempest
·         Taming of the Shrew
·         The Merchant of Venice
·         The Merry Wives of Windsor
·         Love's Labour's Lost
·         The Two Gentlemen of Verona
·         Pericles Prince of Tyre
·         Cymbeline
·         The Winter's Tale
·         Sejarah
·         Richard III
·         Richard II
·         Henry VI, part 1
·         Henry VI, part 2
·         Henry VI, part 3
·         Henry V
·         Henry IV, part 1
·         Henry IV, part 2
·         Henry VIII
·         King John
·         Puisi
·         Shakespeare's Sonnets
·         Venus and Adonis
·         The Rape of Lucrece
·         The Passionate Pilgrim
·         The Phoenix and the Turtle
·         A Lover's Complaint




Biografi atau riwayat hidup singkat
 


Shakespeare lahir di Stratford-upon-AvonInggris
bulan April 1564, sebagai putra John Sekspeare

dan Mary Arden. Ayah William cukup kaya ketika ia lahir dan memiliki bisnis pembuatan sarung tangan namun kemudian ia menjadi agak miskin setelah menjual wol secara ilegal.
Pada zaman itu, sekolah umum baru dimulai
di Inggris. Shakespeare pergi ke
salah satu sekolah umum yang baru ini. Ia belajar Latin,
 yang merupakan bahasa semua kaum terpelajar, tidak
peduli dari negara mana mereka berasal. 
Shakespeare juga mempelajari karya-karya para penulis dan filosofer dari Yunani Kuno dan Romawi. Lebih dari 100 tahun berlalu sejak Johannes Gutenberg memperkenalkan percetakan ke Eropa pada tahun 1452. Shakespeare dan orang Inggris lain yang dapat membaca ─ dan mampu membeli ─ buku-buku menjadi akrab dengan kisah-kisah dari berbagai tempat seperti Italia,PerancisAsia Minor, dan Afrika Utara
Sistem kelas pada zaman Shakespeare dapat saja sudah memiliki susunan-susunan, namun hal tersebut tidak statis. Orang-orang mulai berpikir tentang mereka sendiri. Shakespeare hidup di zaman Renaisans yang berarti "kelahiran kembali" yang terjadi pada abad ke-15 hingga abad ke-17 di Eropa.
Pada awal 1590-an, William Shakepseare mengokohkan dirinya sebagai seorang penulis sandiwara dan aktor di London. Selain itu, ia juga memiliki bagian dari rumah sandiwara tempat ia dan teman-temannya bermain. Itu mungkin adalah sumber penghasilannya. Shakespeare menikahi Anne Hathaway, yang delapan tahun lebih tua darinya, pada tanggal 28 November 1582 di Temple Grafton, dekat Stratford.
Shakespeare menjadi orang teater yang sangat terkenal, sangat populer, dan sangat kaya. Ratu Elizabeth I sangat menyukai karya-karyanya; begitu pula dengan Raja James I, penerusnya. Pada pemerintahan James I, Shakespeare dan kawan-kawan terkenal dengan sebutan "Orang-orang Raja" karena Raja James I adalah pengunjung mereka yang spesial. Shakespeare dan Orang-orang Raja bermain di istana kerajaan, di teater Globe dan di rumah sandiwara mereka, dan teater Blackfriars. Untuk mendapatkan lebih banyak uang, mereka juga mengadakan tur keliling Inggris, terutama pada saat-saat wabah penyakit menjangkit Inggris.
Teater-teater zaman Elizabeth merupakan bangunan kayu yang bertingkat-tingkat. Para penonton duduk di ketiga sisi atau berdiri di tengah-tengah lantai. Bagian tengah teater terbuka atapnya karena pada zaman itu belum ada penerangan buatan. Ribuan orang berjejalan di teater untuk pertunjukan sore hari. Para penonton berteriak-teriak di belakang para aktor. Teater Globe adalah tempat yang padat pengunjung, bising, dan berjejal-jejalan.
William Shakespeare menulis selama dua puluh lima tahun, menciptakan tiga puluh enam hingga tiga puluh sembilan karya yang diketahui hingga saat ini. Topik yang dicakup beragam mulai dari roman komik hingga perang saudara, dari permainan domestik hingga kejadian politis yang menggegerkan dunia. Namun tiga hal yang mendasari seluruh karyanya adalah pertanyaan-pertanyaan: Apa artinya untuk hidup? Bagaimana cara kita hidup? Apa yang harus kita lakukan?
Sandiwara Shakespeare menawarkan pemahaman yang mendalam terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut. Itulah sebabnya mengapa ahli-ahli literatur mempelajari karyanya, politikus-politikus mengutipnya, filosofer-filosofer menemukan cara berpikir yang baru dari membaca dan membaca ulang karyanya. Mempelajari Shakespeare adalah seperti mempelajari hidup dari berbagai sudut pandang: psikologis, politis, filosofis, sosial, spiritual. Ritme yang digunakannya dalam kata-katanya terefleksi dalam ritme tubuh kita. Memainkan peranan sandiwara Shakespeare di panggung membuat seseorang menyadari seberapa dalam seseorang harus menarik napas supaya suaranya dapat terdengar sampai ujung ruangan.
Shakespeare berhenti menulis pada tahun 1611 dan meninggal dunia beberapa tahun kemudian pada 1616. Sampai wafatnya ia tetap menikah dengan Anne. Pada batu nisannya tertulis: "Blest be the man who cast these stones, and cursed be he that moves my bones." (bahasa Indonesia: "Terbekatilah ia yang menaruh batu-batu ini, dan terkutuklah ia yang memindahkan tulang-tulangku.")
* Diolah dari berbagai sumber (Wikipedia, dll)

~~~~###~~~~

Info juga nih Gan, Biasanya setelah mempresentasikan biografi atau riwayat hidup, agan-agan sekalian juga diminta menjelaskan mengenai alasan agan-agan menyukai atau mengiodlakannya. ini contoh alasan ane dulu.. hehe..

~Alasan Suka Tokoh Tersebut~ 

William shakespeare mempunyai jutaan pedang imajinasi yang berhasil membuat hancur ribuan paragraf akan pertanyaan, mimpi, cita-cita, khayalan dan nalar tingkat tinggi yang saya punyai menjadi serpihan-serpihan kecil dari sbuah fragmen.
Permainan kata dari Shakespeare sangat menjelma dan merasuk kedalam tulang hingga kesumsum hayalanku. Seorang jenius sastra yang telah merubah pandangan hidup banyak manusia akan hal-hal yang berbau sastra seperti teater, drama, roman, komedi dan karya-karya sastra lainnya.
          Perpaduan antara gaya sastra klasik dan modern untuk abad dimana dia hidup sangatlah terasa ketika membacanya. Corak  kisah sastra klasik dapat kita jumpai.
          Terlahir dari kalangan bawah, dengan kondisi dimana pendidikan dasar masih sangat susah didapatkan, dia bersama tekat kuat, disiplin dan kerja kerasnya menjelma menjadi seorang sastrawan yang sangat  tenar dan melalui jatuh bangunnya kehidupan, manis pahitnya kisah romantisme, dan juga kelamnya suatu takdir. Masa-masa “gagalnya” telah terampaui dan akhirnya ia menjadi seseorang yang mengantarkan banyak kontribusi bagi kehidupan peradaban manusia.
          Banyak orang yang berhasil terinspirasi dan dibukakan mata hatinya agar menjadi lebih baik. Bagi saya, karya-karya beliau adalah penghargaan-penghargaan yang telah beliau rapatkan kepelabuhan pengetahuan dan imajinasi tanpa batas banyak orang.
                                                              ~~~~###~~~~

Gimana infonya gan? JOSS? maaf kalau ada yg salah juga, hehe.. Correct Me If I wrong yee. Semoga bermanfaat... 

(Tugas Bahasa Indonesia: membuat contoh Biografi Tokoh)
         


Tidak ada komentar:

Posting Komentar